Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Pantai Bajulmati dan Keunikan Pantainya

Pantai Bajulmati

Wisata Pantai Bajulmati dan Keunikan Pantainya. Banyaknya tempat wisata di Malang Jawa Timur membuat para pengunjung dari luar kota datang ke kota ini untuk berlibur. Kota Malang selain menyediakan wisata pegunungan, ternyata Malang memiliki wisata pantai menarik yang wajib Anda kunjungi namanya Pantai Bajulmati. Sebenarnya disepanjang pantai di sini, banyak pantai-pantai yang letaknya tidak berjauhan dengan Pantai Bajulmati, akantetapi kami lebih tertarik dengan pantai ini karena memiliki keunikan pantainya.

Jika Anda ingin ke Pantai Bajulmati, lokasinya di Desa Bajulmati, Kel. Gajah Rejo, Kec. Gadangan. Jarak yang ditempuh jika Anda dari Kota Malang menuju Pantai Bajulmati sekitar 58 Km. Diperkirakan Anda akan menempuh waktu sekitar 2-3 jam sampai di lokasi pantai.

Apabila Anda sedang berwisata di Pantai Goa Cina, waktu yang ditempuh menuju Pantai Bajulmati sekitar 10 menit. Saran dari kami, ketika Anda menju ke lokasi tersebut selama di perjalanan diharapkan untuk berhati-hati dikarenakan jalanannya banyak tikungan tajam berkelok-kelok walaupun kondisi jalannya mulus demi keselamatan Anda ketika berlibur ke pantai. Pastikan sebelum berangkat, cek kondisi kendaraan yang akan digunakan demi keselamatan dan kelancaran selama diperjalanan.

Latar Belakang Pantai Bajulmati

Kembali ke tahun 1890an. Menurut beberapa sumber yang kami ketahui, pantai ini pertama kali ditemukan di tahun 1890an akantetapi oleh penemunya hanya ditinggalkan dan dibiarkan saja terbengkalai. Hingga pada suatu saat ada seseorang yang bernama Mbah Kadet bersama teman-temannya tidak sengaja menemukan pantai tak bernama ini pada tahun 1931. Sesampainya di pantai, Mbah Kadet bersama teman-temannya tersebut menemukan seekor hewan buaya atau bajul mati di pinggiran pantai. Tidak diketahui sumber masalah hewan buaya tersebut mati.

Mulai disinilah pantai tersebut dinamai Pantai Bajulmati apabila diartikan ke dalam bahasa jawa artinya pantai buaya mati. Banyak juga yang beranggapan kalau hewan buaya itu bukan hewan beneran, melainkan hanya batu karang yang menyerupai kepala buaya. Misteri masalah ini masih simpang siur asal usul dari Pantai Bajulmati. Terlepas dari misteri tersebut, yang pasti pantai ini memiliki keindahan tersendiri dengan keunikan pantainya.

Keunikan Pantai Bajulmati

Keunikan dari sisi pantai yang dimiliki Pantai Bajulmati adalah terdapatnya hamparan pasir halus putih di dekat muara sungai, di tebing kapur yang indah dan ombak yang kuat. Selain itu, ketika Anda datang tepat di saat musim menetas hewan penyu, maka Anda dapat ikut serta melepaskan bayi penyu tersebut ke laut. Jika Anda datang di bulan-bulan September, ada kemungkinan Anda akan berkesempatan untuk melepaskan bayi penyu atau tukik tersebut. Jadi tunggu apalagi, jadwalkan hari liburan Anda dengan datang ke Pantai Bajulmati.

Aktivitas yang Dilarang dan Diperbolehkan di Pantai Banjulmati

Aktivitas yang Dilarang di Pantai Bajulmati

Bagi travellers yang menyukai aktivitas Snorkeling dan Diving akan kecewa, pada dasarnya pantai ini melarang para wisatawan untuk bermain ombak di pantai tersebut dikarenakan ombak yang kuat. Jika aktivitas tersebut dilakukan, takutnya akan membahayakan para wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Banjulmati. Selain ombak yang kuat, struktur pantainya cukup curam dan dalam yang sangat berbahaya ketika berenang ke tengah pantai dengan ombak yang sekuat itu.

Jika Anda ingin sekadar bermain di pinggiran pantai, ada spot khusus untuk bermain air laut yang berada di sebelah barat bibir pantai. Selain bermain air laut, banyak spot untuk mengambil gambar dimana orang-orang sering bersua foto bersama salah satunya di Jembatan Bajulmati.

Akantetapi kekecewaan itu bisa Anda lakukan dengan aktivitas lainnya yang bisa Anda gunakan selama berkunjung di pantai itu.

Aktivitas yang Diperbolehkan di Pantai Bajulmati

Ketika datang ke pantai tersebut, Anda tidak perlu kecewa sebab masih banyak aktivitas lainnya seperti:

  • Melepas Penyu atau Tukik
  • Menjelajahi Pantai
  • Bermain di bibir Pantai
  • Bersantai menikmati keindahan Pantai
  • Menikmati waktu sunset Pantai Bajulmati
  • Berkemah

Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Bajulmati

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan Pantai Bajulmati. Selain harga tiket masuk yang murah, biaya parkir untuk sepeda motor dan mobil masih terbilang terjangkau. Lebih jelasnya lihat tabel berikut ini:

Retribusi Biaya Tarif
Tiket Masuk Rp 10.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp 5.000,00
Parkir Mobil Rp 10.000,00

Harga yang tertera di atas bisa berubah sewaktu-waktu, melihat kebijakan pihak pengelola itu sendiri. Akantetapi besarannya tidak akan berbeda jauh dengan yang ada di tabel di atas. Tabel di atas sebagai gambaran Anda perkiraan biaya ketika memiliki rencana untuk berkunjung ke Pantai Bajulmati.

Rute Menggunakan Google Maps Menuju Pantai Bajulmati

Jam Operasional Mulai Dibukanya Pantai Bajulmati

Masalah waktu jam operasional di pantai ini terbuka 24 jam penuh, hari libur nasional tetap buka. Akantetapi jika Anda ingin mencari makan di warung sekitaran pantai, warung tersebut tutup pikul 18.00 WIB. Jadi jika Anda ingin menikmati waktu sunset Pantai Bajulmati, usahakan Anda membeli camilan atau makanan untuk mengisi perut ketika menunggu waktu sunset tiba.

Penutup

Itulah informasi lengkap seputar Pantai Bajulmati: Latar Belakang, Keunikan, Aktivitas yang Dilarang dan Diperbolehkan, Harga Tiket Masuk (HTM), Rute Menggunakan Google Maps, dan Jam Operasional. Selama berada di Pantai Bajulmati, semua pengunjung pantai diharapkan tetap menjaga kebersihan pantai agar keindahan alaminya tidak hilang. Terimakasih sudah datang di blog kami, kunjungi artikel terkait lainnya disini.